Pesan Rasulullah SAW Melawan Syetan


Ada sepuluh pesan Rasulullah SAW yang mengajarkan kita cara praktis mengusir Iblis dan bala tentaranya jika menyerang kita dengan rayuan-rayuan yang menyebabkan kita terjerumus ke dalam jurang kehinaan tanpa kita sadari dengan memanfaatkan titik kelemahan kita. Mari kita perhatikan pesan-pesan kenabian tersebutyang tertuang dalam bentuk dialog antara manusia dan syetan, yaitu :

1. Jika ia datang kepadamu dan berkata : “ Anakmu mati “. Katakan kepadanya : “ Sesungguhnya makhluk hidup diciptakan untuk mati, dan penggalan dariku (putraku) akan masuk surga. Dan hal ini membuatku gembira “.

2. Jika ia datang kepadamu dan berkata : “ Hartamu musnah “.Katakan kepadanya : “ Segala puji bagi Allah Dzat Yang Maha Memberi dan Mengambil, dan menggugurkan atasku kewajiban zakat”.

3. Jika ia datang kepadamu dan berkata : “ Orang-orang mendzalimimu sedangkan kamu tidak mendzalimi seorangpun”. Maka katakan kepadanya : “ Siksaan akan menimpa orang-orang yang berbuat dzalim dan tidak menimpa orang-orang yang berbuat kebajikan ( Muhsinin )”.

4. Jika ia datang kepadamu dan berkata : “ Betapa banyak kebaikanmu “, dengan tujuan menjerumuskanmu untuk bangga diri (ujub). Maka katakan kepadanya : “ Kejelekan-kejelekanku jauh lebih banyak dari pada kebaikanku “.

5. Jika ia datang kepadamu dan berkata : “ Alangkah banyaknya sholatmu “.Maka katakan kepadanya : “ Kelalaianku lebih banyak daripada sholatku “.

6. Jika ia datang kepadamu dan berkata : “Betapa banyak kamu bersedekah kepada orang-orang“.Maka katakan kepadanya : “Apa yang saya terima dari Allah jauh lebih banyak daripada yang saya sedekahkan “.

7. Jika ia datang kepadamu dan berkata : “Betapa banyak orang-orang yang mendzalimimu “.Maka katakan kepadanya : “ orang-orang yang kudzalimi lebih banyak “.

8. Jika ia datang kepadamu dan berkata : “ Betapa banyak amalmu “.Maka katakan kepadanya : “ Betapa seringnya aku bermaksiat “.

9. Jika ia datang kepadamu dan berkata : “ Minumlah minuman-minuman keras ! “.Maka katakan kepadanya : “ saya tidak akan mengerjakan maksiat “.

10. Jika ia datang kepadamu dan berkata : “Mengapa kamu tidak mencintai dunia ? “.Maka katakan kepadanya : “ Aku tidak mencintainya dan telah banyak orang lain yang tertipu olehnya “.
( sumber Majalah Al-Iman terbitan Muharom – Shofar 1419 H)

0 komentar:

Posting Komentar